Penyebab Jerawat dari luar dan dari dalam tubuh

Penyebab Jerawat - Pengertian Jerawat adalah kantung nanah yang meradang yang disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. Penyebab timbulnya jerawat yang paling utama adalah perubahan hormon. Selain itu, penyebab jerawat yang lain adalah faktor keturunan, makanan, lingkungan, dan masih banyak lagi.

Penyebab jerawat cukup banyak dan susah dihindari. Sangat jarang orang yang pernah melewati masa remaja tanpa berjerawat. Biar bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan mengetahui apa penyebab jerawat, maka akan lebih mudah mencegahnya.

Pengertian dan Penyebab Jerawat
Gambar : Pengertian dan Penyebab Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

Faktor dari dalam tubuh yang menyebabkan timbulnya jerawat yaitu perubahan hormon, sel-sel kulit yang sudah mati, dan faktor keturunan. Faktor yang berasal dari luar tubuh yang menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah bakteri, penggunaan kosmetik, obat-obatan serta faktor lingkungan.

Faktor dari dalam tubuh penyebab timbulnya jerawat :

  • Perubahan Hormon
    Perubahan hormon terbesar adalah pada masa remaja, menstruasi dan kehamilan. Karena itu lebih banyak remaja yang berjerawat daripada anak-anak atau orang dewasa. Perubahan hormon membuat produksi kelenjar minyak menjadi berlebihan. Produksi minyak yang berlebihan inilah yang menjadi penyebab jerawat.
  • Stress
    Stress adalah salah satu penyebab perubahan hormon sehingga orang yang sedang stress biasanya lebih mudah berjerawat. Pergi berlibur atau refreshing dan mendengarkan musik merdu bisa menjauhkan Anda dari stress.
  • Sel-sel kulit mati
    Meskipun produksi kelenjar minyak normal, tapi jika bercampur dengan sel-sel kulit yang sudah mati tetap menjadi penyebab jerawat. Sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori sehingga kelenjar minyak tidak bisa keluar dan akhirnya membentuk jerawat.
  • Faktor Keturunan
    Jika orang tua pada masa mudanya berjerawat, sangat besar kemungkinan anaknya juga akan berjerawat. Hal ini disebabkan oleh gen yang diturunkan orang tua kepada anaknya secara alami.

Faktor dari luar tubuh penyebab timbulnya jerawat :

  • Bakteri Penyebab Jerawat
    Selain sel-sel kulit mati, bakteri yang menempel di kulit juga menyumbat pori-pori. Bakteri muncul karena kebersihan tubuh yang kurang baik terutama di bagian wajah, punggung, dada dan lengan atas. Campuran sel-sel kulit mati, bakteri dan kelenjar minyak menjadi penyebab jerawat.
  • Makanan
    Banyak orang mengatakan bahwa kacang adalah makanan penyebab jerawat. Ternyata itu hanya mitos. Justru banyak makanan lain yang menjadi penyebab timbulnya jerawat yang selalu dikomsumsi sehari hari. Untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi penyebab jerawat KLIK DISINI
  • Penggunaan kosmetik
    Sama halnya dengan sel kulit mati dan bakteri, penggunaan kosmetik juga menyumbat pori-pori kulit sehingga menjadi penyebab jerawat. Jika rajin membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik, penyebab jerawat yang satu ini bisa dihindari.
  • Obat-obatan
    Komsumsi obat kortikosteroid terutama obat oles menyebabkan aktifitas bakteri patogen meningkat. Meningkatkan aktifitas bakteri, berarti menambah kemungkinan timbulnya jerawat.
  • Polusi
    Polusi juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jerawat akan lebih mudah muncul jika polusi bercampur dengan kosmetik, penyumbatan pori-pori kulit menjadi lebih parah. 
Anda sudah tahu 2 faktor utama penyebab jerawat. Baca juga tips mencegah jerawat untuk memastikan penyakit ini menjauhi Anda. Semoga bermanfaat.

Klik tombol di bawah untuk sharing ke teman Anda.

Google+

Plus One

Linkedin

Linkedin
0 komentar
Penyebab Jerawat dari luar dan dari dalam tubuh

Jangan pernah membuat komentar yang menusuk di hati lalu tembus di jantung !!!